WA 087856570808

Home / Ekonomi

Kamis, 22 September 2022 - 00:40 WIB

Arumi Promosikan Berbagai Kerajinan Asal Jatim di Hadapan Ibu Iriana Jokowi

MonitorsNetWork.com, Jakarta – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menegaskan komitmen Dekranasda Provinsi Jatim terus mengembangkan kualitas kerajinan lokal dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Selain itu, juga mengikutsertakan dalam ajang exhibition maupun pameran berskala nasional maupun internasional.

“Kami berkomitmen terus mengembangkan kualitas dan daya saing dari para perajin di Jatim guna meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan peran serta sektor UMKM,” kata Arumi panggilan akrabnya itu seusai menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara tahun 2022 di JCC Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Sebagai informasi, setelah dua tahun vakum, Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) kembali menggelar pameran Kriyanusa 2022 dengan mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” yang berlangsung mulai tanggal 21-25 September 2022 di Hall A Jakarta Convention Center. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Wury Ma’ruf Amin

Khusus Jawa Timur, Arumi menyatakan, bahwa pada pameran Kriyanusa Tahun 2022 ini Jawa Timur menghadirkan banyak stand diantaranya stand dari Dekranasda Prov. Jatim, Kab. Pasuruan, Jember, Madiun, Sidoarjo, Tuban, dan Ngawi.

Adapun kerajinan yang ditampilkan mulai dari produk rajut, Kain tenun, Batik dan Tenun Batik Gedog. Adapula, kerajinan tas, sepatu, aksesoris perhiasan, tas, sandal sepatu, hingga kerajinan kayu ukir dan kayu kreatif.

Menariknya, saat kunjungan dari Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ketum Dekranas Wuri Maruf Amin, Arumi dengan sigap istri dari Emil Dardak itu mempromosikan berbagai kerajinan yang dipajang di stand Dekranasda Prov. Jatim.

“Mohon ijin ibu, ini kami membawa beberapa jenis batik yang coraknya khas dan memiliki motif yang menarik. Juga terdapat kerajinan berbahan dasar akar maupun sepatu dan tas asal daerah Sidoarjo,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dengan cekatan, Arumi mempromosikan jenis batik yang dipamerkan di Stand Milik Dekranasda Prov. Jatim. “Ini kami mempromosikan batik gedog, dan batik tenun kami dari Tuban. Semuanya bahan bakunya berasal dari lokal. Jadi mulai dari hulu hingga hilir semua bahanya tidak ada yang impor,” tuturnya dihadapan Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Wuri Ma’ruf Amin.

Pameran Kriyanusa 2022 sendiri menampilkan produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan Indonesia semakin dikenal dunia. Kriyanusa merupakan pameran kerajinan yang ditunggu-tunggu masyarakat tidak hanya Indonesia, tapi mancanegara karena menampilkan produk kerajinan unggulan daerah yang dihasilkan oleh pelaku-pelaku IKM yang kompeten dan berdaya saing.

Kunjungi Tokopedia

Setelah menghadiri Pameran Kriyanusa 2022, Arumi melanjutkan kunjungan kerja di Kantor Tokopedia. Kedatangan Istri Emil Dardak tersebut disambut oleh Astri Wahyuni – Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan – Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Nursida – Tim Kebijakan Publik dan Hub Pemerintah dan Nabilla – Tim kebijakan Publik dan Hub Pemerintah.

Arumi Bachsin menjelaskan maksud kedatangannya tersebut yakni ingin mensinergikan banyak program untuk meningkatkan daya saing dan mendorong peran UMKM dan perajin di Jatim agar bisa tembus pasar Indonesia hingga pasar ekspor luar negeri.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran berharga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar cepat mengakselerasi dan beradaptasi menggunakan digitalisasi teknologi.

“Kami membahas sejumlah peluang kolaborasi agar para UMKM dan perajin bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari Tokopedia agar produknya semakin laku dan dikenal di pasaran. Bahkan, setelah diskusi panjang Tokopedia melihat bahwa Jatim para UMKM dan perajinnya sangat menarik dan banyak muncul inovasi inovasi produk yang ada,” urainya.

Saat ini, Dekranasda Prov. Jatim sudah on the track di dalam memberikan pendampingan maupun pelatihan hingga menggandeng banyak sektor guna memberikan kemudahan para UMKM memasarkan produknya.

“Diakui bahwa tulang punggung perekonomian Jatim sekitar 59-60 persen disumbangkan dari sektor UMKM. Kehadiran kita disini untuk menegaskan bahwa pemerintah melalui dukungan Dekranasda hadir memberikan banyak fasilitasi kepada para pelaku UMKM. Nantinya, kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah diharapkan bisa tepat sasaran dan mengatasi segala persoalan ditengah tengah masyarakat,” pungkas Arumi. (dis/kj)

Share :

Baca Juga

Survei Bank Indonesia Sebut Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Menguat

Ekonomi

Survei Bank Indonesia Sebut Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Menguat
Bank Indonesia Sambungkan QRIS Dengan Negara Asean

Ekonomi

Bank Indonesia Sambungkan QRIS Dengan Negara Asean
Indonesia - Jepang Sepakat Perkuat Kerjasama Perdagangan dan Investasi

Ekonomi

Indonesia – Jepang Sepakat Perkuat Kerjasama Perdagangan dan Investasi
Wakil Presiden Resmikan BRK Syariah di Riau

Daerah

Wakil Presiden Resmikan BRK Syariah di Riau
Mulai 1 April 2022 Tarif PPN Jadi 11 Persen

Ekonomi

Mulai 1 April 2022 Tarif PPN Jadi 11 Persen
Ditengah Krisis Global, Bisakah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diatas Inflasi

Ekonomi

Ditengah Krisis Global, Bisakah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diatas Inflasi

Ekonomi

Gandeng Kemenkop UKM, Sonny Gelar Sosialisasi Pemasyarakatan Inkubasi bagi Calon Wirausaha Digital
Bantuan Tunai Untuk 2,76 Juta PKL dan Nelayan Dikucurkan

Ekonomi

Bantuan Tunai Untuk 2,76 Juta PKL dan Nelayan Dikucurkan